Sumber Gambar: https://www.euro.who.int

Health

September 24, 2020

Dr. Pingkan

Rekomendasi Aktifitas di Masa Pandemi Covid-19

 

Aktivitas fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka dan meningkatkan pengeluaran tenaga serta energi. Secara umum, aktivitas fisik dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan intensitas dan besaran kalori yang digunakan yaitu: aktivitas fisik ringan, aktivitas fisik sedang, dan aktivitas fisik berat. Kurangnya aktivitas fisik dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan risiko terinfeksi virus. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dengan cara yang tepat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Pandemi Covid-19 membatasi pergerakan setiap orang dari segala usia dan membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan melupakan rutinitas aktivitas harian. Untuk mencegah penularan virus banyak fasilitas olahraga yang masih ditutup dan beberapa jenis olahraga yang melibatkan kelompok orang masih dilarang.

 

Menjadi aktif selama pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi kita semua. Setiap aktivitas fisik yang dilakukan walaupun hanya sedikit masih lebih baik dibanding dengan tidak sama sekali. Mulailah dengan aktivitas fisik yang ringan dan secara bertahap tingkatkan durasi, frekuensi, serta intensitasnya dari waktu ke waktu. WHO merekomendasikan setiap orang dewasa yang sehat untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari dan untuk anak sebaiknya melakukan aktivitas fisik selama 1 jam setiap hari.

  • Jangan memaksa melakukan aktivitas fisik jika Anda sedang demam atau batuk atau sesak napas. Tinggal di rumah dan istirahat yang cukup, hubungi petugas kesehatan jika diperlukan.
  • Jika bisa keluar untuk jalan kaki atau bersepeda selalu terapkan protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak aman dan rutin cuci tangan. Jika Anda pergi ke taman atau ruang terbuka untuk umum, usahakan pilih yang tidak jauh dengan tempat tinggal Anda dan selalu membawa hand sanitizer berbasis alkohol.
  • WHO tidak menyarankan penggunaan masker saat berolahraga karena dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk bernapas dengan nyaman. Keringat juga dapat membuat masker menjadi lebih cepat basah dan bisa meningkatkan kemungkinan pertumbuhan mikroorganisme.
  • Pilih aktivitas yang tepat sehingga Anda dapat mengurangi risiko cedera sambil tetap menikmati aktivitas fisik tersebut. Pilihlah intensitas yang tepat sesuai dengan status kesehatan dan tingkat kebugaran. Anda harus dapat bernapas dengan nyaman dan melakukan percakapan saat Anda melakukan aktivitas fisik intensitas ringan dan sedang. (PK)

 

Referensi:

  • WHO. Be Active During COVID-19. 2020
  • Kemenkes RI. Aktivitas Fisik di Masa Pandemi Covid-19. 2020
  • Department of Health. Australian Government. Exercising and staying active during coronavirus (COVID-19) restrictions. 2020
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Subscribe to Our Latest Deals
and Our Newsletter

Dapatkan berita, inspirasi hingga tips menarik dari kami dan mitra-mitra yang terbaik dan terpercaya.

    By subscribing, you agree to our Terms of Use and Privacy Policy.