Sumber Gambar: https://mgpindonesia.org/

Social

September 26, 2020

Mengulurkan Tangan di tengah Pandemi

 

Maret 2020 merupakan saksi sejarah di Indonesia, karena saat itu virus Covid-19 datang ke bumi pertiwi. Siapa yang sangka hadirnya sang virus membuat perubahan sedemikian rupa di seluruh muka bumi, tak hanya Indonesia hampir seluruh negara didatangkan oleh Covid-19. Kebutuhan finansial semua orang hampir terpukul karena datangnya pandemi yang tidak terduga ini. Banyak orang kehilangan pekerjaan dan banyak bisnis yang berjatuhan karena tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan primer mereka yang terus berjalan berjalan.

 

Food and Beverages adalah salah satu bisnis yang paling kena imbas dari pandemi ini, siapa sangka untuk makan dan minum secara langsung sudah tidak bisa senyaman dulu, alhasil para pengusaha bisnis tersebut terpaksa menutup outlet mereka, tidak adanya pengunjung dari hari ke hari selama 8 bulan berjalan membuat para pengusaha tidak bisa membayarkan biaya-biaya seperti membayar sewa, menggaji karyawan, atau bahkan para pengusaha mau tidak mau merumahkan karyawan-karyawannya.

 

Sejak bulan April lalu, sudah banyak para pengusaha yang gulung tikar atas pandemi ini, dan membuat hampir 6,4 juta karyawan khususnya di bidang Food and Beverages dirumahkan. Untuk mempekerjakan kembali karyawan-karyawan tersebut tidaklah mudah, terbentuklah inisiasi dari Dapur Kita Bersama yang merupakan gerakan sosial dari salah satu entrepreneur muda yang bergerak di bidang F&B bernama Harsya Adyatmiko. Terkena dampak dari pandemi ini, Harsya lebih memilih untuk mencari solusi agar bisnisnya tetap hidup di masa yang sulit dibanding mengeluh tentang peraturan yang berlaku di Jakarta. Harsya, atau dikenal baik sebagai Atta menjalankan sebuah restoran bernama Little League di daerah Wijaya. Karena mereka merasakan kesulitan untuk menjalankan restaurantnya, Atta akhirnya berpikir untuk membuat sebuah dapur yang bisa bermanfaat untuk dirinya dan juga orang sekitar, dari situlah dia membuat Dapur Kita Bersama dengan tujuan mempekerjakan kembali orang-orang yang kehilangan pekerjaannya karena Covid-19. Dapur kita bersama juga bertujuan untuk membagikan makanan-makanan mereka kepada kaum yang kurang mampu dan membutuhkan secara gratis dengan maksud membantu mereka agar tetap semangat dan dapat bertahan selama pandemi ini berlangsung. Saat ini Dapur Kita Bersama bekerjasama dengan Yayasan Muda Giat peduli sebagai payung dari yayasan yang terpilih di Indonesia. Yayasan Muda Giat Peduli Indonesia atau disingkat YMGPI bekerja sama untuk mewujudkan program Dapur Kita Bersama, untuk dapat mengintegrasi lima dapur siap guna untuk menciptakan kesempatan kerja sementara serta menyiapkan makanan higienis dan berkualitas untuk disumbangkan setiap harinya untuk mereka yang tidak mampu dan terdampak pandemi COVID-19.

 

Saat ini Dapur Kita Bersama menargetkan untuk mempekerjakan 200 orang per bulan dengan hitungan membantu 600 anggota keluarga. Dapur Kita Bersama juga menargetkan bahwa mereka akan di gaji dengan upah standar UMR untuk apa yang mereka kerjakan.

 

Pada saat ini Dapur Kita Bersama adalah salah satu pioneer gerakan sosial yang berjalan di masa sulit seperti ini. Untuk kedepannya masyarakat akan tertolong dengan adanya gerakan sosial yang sangat berguna seperti ini.

 

Tidak perlu dikhawatirkan untuk program Dapur Kita Bersama, YMGPI bekerjasama dengan Blue Bird Group untuk dapat memastikan pengiriman makanan tepat waktu dan melayani 100 wilayah di seluruh JABODETABEK. Tidak hanya itu, YMGPI juga menggandeng Dompet Dhuafa agar target penerima bisa dipastikan dengan kebutuhan spesifik dan menjangkau sesuai target yaitu mereka yang kurang mampu dan  terkena dampak akibat penurunan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

 

Program YMGPI bersama Dapur Kita Bersama ditargetkan untuk satu tahun berjalan dengan target yang diharapkan sebesar 54.000 orang bisa dipekerjakan kembali dan juga 15.000 makanan matang dikirimkan setiap harinya ke seluruh wilayah Indonesia

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Subscribe to Our Latest Deals
and Our Newsletter

Dapatkan berita, inspirasi hingga tips menarik dari kami dan mitra-mitra yang terbaik dan terpercaya.

    By subscribing, you agree to our Terms of Use and Privacy Policy.