Sumber Gambar: https://mgpindonesia.org/

Social

September 24, 2020

Dompet Aman

Indonesia Termasuk 10 Negara Paling Dermawan di Dunia

 

Kedermawanan adalah keutamaan menjadi liberal dalam memberi. Sebuah survey global yang diadakan oleh Charity Aid Foundation yang berbasis di Inggris, memberikan wawasan unik tentang tren kemurahan hati di seluruh dunia. Survey ini diadakan dari tahun 2009-2018 di 128 negara, dengan responden sekitar 1.3 juta orang, dan dirilis dalam sebuah laporan World Giving Index.

 

Dalam laporan tersebut, Indonesia pernah menduduki peringkat pertama di tahun 2018. Penilaian kedermawanan ini dilihat dari aspek pemberian pertolongan kepada orang asing, tenaga kesukarelawanan dan donasi berupa uang, barang dan juga jasa. Sayangnya, di tahun 2019 indeks dermawan tersebut sempat menurun.

 

Tabel Sepuluh Negara Paling Dermawan di Dunia 2018

Peringkat Negara Indeks Skor
1. Indonesia 59%
2. Australia 59%
3. Selandia Baru 58%
4. Amerika Serikat 58%
5. Irlandia 56%
6. Inggris Raya 55%
7. Singapura 54%
8. Kenya 54%
9. Myanmar 54%
10. Bahrain 53%

Sumber: Charity Aid Foundation

 

Di tahun 2020 ini, peringkat Indonesia kembali naik seiring meluasnya pandemi Covid-19 alias corona. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya masyarakat yang membuka donasi dan juga sejumlah komunitas bahu-membahu membantu penanganan Covid-19 dengan berbagai macam cara termasuk fundraising.

 

Salah satu contoh bantuan yang dilakukan oleh lembaga filantropi terbesar di Indonesia, Dompet Dhuafa adalah dengan menggagas dan menerapkan program ‘Keluarga Tangguh’ kepada keluarga-keluarga kecil menengah dengan memberikan bantuan modal usaha kepada keluarga-keluarga tangguh di berbagai kawasan di Indonesia untuk meningkatkan perekonomiannya.

 

Kegiatan berdonasi yang unik juga dilakukan oleh sebuah komunitas filantropi anak muda yang bernama Yayasan Muda Giat peduli Indonesia (YMGPI). Melalui kampanye ‘20-21 Against Covid-19’, YMGPI memulai gerakan bernama Dapur Kita Bersama dimana mereka menggabungkan beberapa pebisnis muda di bidang F&B yang bersukarela untuk menyediakan dapur-dapurnya dengan tujuan mempekerjakan kembali karyawan-karyawan dan memberikan makanan higienis kepada orang-orang yang terkena imbas dari pandemi ini.

 

Dengan bertambahnya komunitas dan lembaga filantropi di Indonesia, diharapkan dapat menginspirasi banyak orang lagi untuk melakukan kegiatan sosial yang menguntungkan satu sama lain. Dari situ kita bisa membuat Indonesia menjadi juara bertahan atas negara paling dermawan di dunia!

 

 

References

 

 

“World Giving Index 2008-2019.“ 2019. pdf

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Subscribe to Our Latest Deals
and Our Newsletter

Dapatkan berita, inspirasi hingga tips menarik dari kami dan mitra-mitra yang terbaik dan terpercaya.

    By subscribing, you agree to our Terms of Use and Privacy Policy.