Sumber Gambar: https://wanita.network

Lifestyle

September 24, 2020

Wanita.Network

Healthy Mind: Ingin Nyantai Tapi Bisa Gagal Total Kalau Anda Masih…

 

Ya, saat ini banyak di antara kita yang sedang kerja dari rumah karena wabah corona virus. Namun, bagi banyak pekerja kantoran, bekerja dari rumah justru menjadi tantangan, karena selain harus focus mengerjakan tugas kantor, juga harus mendampingi anak belajar dan menyiapkan kebutuhan keluarga. Belum lagi ditambah rasa cemas karena adanya wabah yang masih merebak ini.

 

Karena itu, kita sering membutuhkan waktu sejenak untuk relaks, menenangkan diri dan sekaligus recharge energi,  Namun, ternyata, hanya untuk bersantai yang berkualitas saja ternyata tidak mudah. Karena, meski sudah rebahan di tempat yang nyaman yang kita pikir akan membantu menenangkan diri…ternyata tetap saja tidak terasa tenang juga.

 

Bila Anda mengalami hal ini, bisa jadi ada 4 hal ini yang menjadi penyebabnya:

 

Masih Posesif Sama Ponsel

Facebook newsfeeds, Twitter timelines, Instagram notifications… ya tidak heran, sih, kalau kita tidak bisa menenangkan diri. Jika kita ingin ‘switch off’ sementara otak kita, pastikan untuk mematikan ponsel terlebih dahulu. Penelitian menemukan, bahwa setiap 6 menit, kita setidaknya sekali mengecek ponsel kita, lho! Karena itu, matikan saja ponselnya, biar kita bisa benar-benar tenang.

 

Indahnya Sunyi

Kapan terakhir kali kita hanya duduk dan benar-benar dalam keheningan? Faktanya, ketika kita benar-benar mematikan semua ‘soundtrack’ dalam keseharian kita, entah itu hanya sekedar sayup-sayup suara televisi atau suara tetangga kita, kita bisa memanen banyak manfaat buat kesehatan mental kita. Keheningan diketahui bisa menjadi terapeutik yang baik, bahkan bisa meningkatkan kemampuan kita untuk fokus pada kreatifitas.

 

Membaca Buku di Tablet

Anda ingin rebahan di sofa dan menenangkan diri dengan membaca novel kesayangan sebelum jatuh tertidur, tapi Anda membacanya dari tablet? Pikir ulang deh, Penelitian menemukan, sinar biru yang keluar dari layer gadget bisa membuat kocar-kacir kemampuan mata kita untuk terpejam. Tak heran bila keinginan membaca sebagai pengantar tidur malah jadi mimpi buruk. Jadi, yuk kembali memegang buku benerannya saja ya.

 

Terlalu Banyak Mikir

Ini adalah hal yang biasa dalam rantai stress dan kecemasan: semakin banyak kita memikirkan sesuatu, semakin kita digantung olehnya. Dengan kata lain, semakin banyak beban yang berikan pada diri kita, misalnya bagaimana bisa tenang, maka kita akan dijauhkan dari hal tersebut. Karena itu, lebih baik memikirkan hal-hal positif saja, yang mungkin tidak ada kaitannya dengan keinginan kita untuk relaxing, tapi justru akan membantu kita untuk relaks.

 

Santai dulu, yuk… (wn)

Source: https://wanita.network/read/welness/ingin-nyantai-tapi-bisa-gagal-total-kalau-anda-masih

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Subscribe to Our Latest Deals
and Our Newsletter

Dapatkan berita, inspirasi hingga tips menarik dari kami dan mitra-mitra yang terbaik dan terpercaya.

    By subscribing, you agree to our Terms of Use and Privacy Policy.