Sumber Gambar: https://dompetaman.com

Finance

September 24, 2020

Dompet Aman

Dana Pertahanan COVID

 

 

Penyebaran virus corona selama tahun 2020 ini tidak hanya membuat masyarakat menjadi lebih sadar mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan tetapi juga membuat mereka menjadi lebih melek tentang pentingnya menabung. Mungkin selama ini menabung sering dilupakan karena prioritas pemenuhan gaya hidup kekinian lebih penting daripada menyisihkan uang untuk kebutuhan di masa depan. Sehingga, ketika tiba-tiba terjadi perubahan secara signifikan terhadap keuangan pribadi, maka dampaknya begitu terasa.

 

Tidak sedikit masyarakat yang mengalami penurunan pada penghasilan atau malah tidak memiliki penghasilan sama sekali sejak Covid19 ini terjadi. Tabungan yang seharusnya menjadi penyelamat tidak dapat membantu karena selama ini tidak pernah diprioritaskan untuk disisihkan.

 

Dana darurat adalah istilah yang digunakan untuk tabungan khusus yang dipersiapkan untuk suatu kondisi yang tidak dapat diprediksi. Beberapa contohnya seperti pemutusan hubungan kerja, penyakit yang tidak dapat di-cover oleh asuransi dan tentu saja contoh yang sangat dekat di kita saat ini, yaitu situasi pandemi, dimana kegiatan ekonomi menjadi terhambat.

 

Dana darurat memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari untuk berjaga-jaga dari ketidakpastian. Nah, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana menyiapkan dana darurat ketika terlanjur belum punya sama sekali? Terlebih tidak ada siapapun di dunia ini yang bisa memastikan kapan pandemi ini akan berakhir. Jika memang ini adalah “new normal” untuk kita semua, bagaimanakah cara menyiapkan dana pertahanan kita?

 

  • Fokus pada pengeluaran essential/kebutuhan pokok.
  • Pengeluaran diluar kebutuhan pokok untuk dikurangi terlebih dahulu.
  • Lakukan restrukturisasi utang jika memungkinkan untuk mengurangi cicilan.
  • Mencari penghasilan tambahan dengan menggunakan skill yang dimiliki saat ini dengan modal seminim-minimnya.

 

Pepatah “sedia payung sebelum hujan” memang benar adanya. Tapi jika sudah terlanjur basah kuyup, maka pilihannya adalah bagaimana memastikan kita tidak akan terus kehujanan dan segera mendapatkan tempat berteduh. Pengorbanan seperti mengencangkan ikat pinggang (baca: mengurangi pengeluaran) dan memeras otak dan kreativitas (baca: menambah penghasilan) mau tidak mau harus dilakukan.

 

Semoga ini bisa menjadi pelajaran untuk teman-teman di kemudian hari untuk tidak melupakan pentingnya menabung dalam situasi apapun.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Subscribe to Our Latest Deals
and Our Newsletter

Dapatkan berita, inspirasi hingga tips menarik dari kami dan mitra-mitra yang terbaik dan terpercaya.

    By subscribing, you agree to our Terms of Use and Privacy Policy.