Sumber Gambar: https://www.cigna.com

Health

September 24, 2020

dr. Putri

Bagaimana Cara Menghindari Penularan Covid 19 Saat Harus tetap Bekerja

 

COVID-19 disebabkan oleh SARS-COV2 yang termasuk dalam keluarga besar coronavirus. Seperti penyakit pernapasan lainnya, COVID-19 dapat menyebabkan gejala ringan termasuk pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Sekitar 80% kasus dapat pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang mungkin akan menderita sakit yang parah, yang biasanya muncul secara bertahap.

 

Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit, atau pernah merawat/kontak erat dengan penderita COVID-19, maka orang tersebut perlu menjalani pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

 

Tidak ada batasan usia seseorang dapat terinfeksi oleh COVID-19. Orang yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti asma, diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi) lebih rentan untuk menderita sakit yang lebih parah. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Saat harus tetap bekerja di masa pandemi ini, perhatikan hal-hal berikut agar bisa terhindar dari COVID-19.

 

Perjalanan dari dan ke tempat kerja:

 

  • Pastikan Anda dalam kondisi sehat. Jika ada keluhan seperti batuk, pilek, atau demam maka Anda perlu untuk tetap tinggal di rumah.
  • Upayakan menggunakan pakaian yang tertutup, seperti menggunakan baju dengan lengan yang panjang dan pastikan untuk selalu menggunakan masker wajah.
  • Upayakan untuk tidak menggunakan transportasi umum dan kalau terpaksa jaga jarak dengan orang lain dan upayakan untuk tidak sering menyentuh fasilitas umum yang sering disentuh orang lain dan rajinlah mencuci tangan.
  • Hindari membayar secara non tunai dan tidak menyentuh wajah dengan tangan, gunakan tisu bersih jika terpaksa.

 

 

Di tempat kerja/area publik:

  • Gunakan masker sesuai anjuran
  • Sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer berbasis alkohol
  • Gunakan siku untuk membuka pintu atau menekan tombol lift, usahakan untuk menghindari kerumunan dan hindari kontak fisik seperti berjabat tangan. Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas yang sering dipakai bersama
  • Rutin bersihkan meja kerja dengan disinfekstan, usahakan aliran udara lancar dan sinar matahari masuk ke ruang kerja jika memungkinkan
  • Selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja. (PK/PP)

 

Referensi:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Subscribe to Our Latest Deals
and Our Newsletter

Dapatkan berita, inspirasi hingga tips menarik dari kami dan mitra-mitra yang terbaik dan terpercaya.

    By subscribing, you agree to our Terms of Use and Privacy Policy.